Bucharest

Bucharest

adalah ibu kota dan kota terbesar Rumania (Bucharest ), serta budaya, industri , dan pusat keuangan. Terletak di tenggara negara itu, di  tepi Sungai Dâmbovița, kurang dari 60 km (37,3 mil) di utara Sungai Danube dan Sungai Bulgaria. berbatasan.

Bukares pertama kali disebutkan dalam dokumen pada tahun 1459. Kota ini menjadi ibu kota Rumania pada tahun 1862 dan merupakan pusat media, budaya, dan seni Rumania. Arsitekturnya adalah campuran dari sejarah (kebanyakan Eklektik, tetapi juga Neoklasik dan Art Nouveau), interbellum (Arsitektur Bauhaus, Art Deco dan Kebangkitan Rumania), era komunis dan modern.

Pada periode antara dua Perang Dunia, arsitektur kota yang elegan dan kecanggihan elitnya membuat Bukares mendapat julukan ‘Paris dari Timur’ (bahasa Rumania: Parisul Estului) atau ‘Paris Kecil’ (bahasa Rumania: Micul Paris).

Meskipun bangunan dan distrik di pusat kota bersejarah rusak berat atau hancur karena perang, gempa bumi, dan bahkan program sistematisasi Nicolae Ceaușescu, banyak yang selamat dan telah direnovasi. Dalam beberapa tahun terakhir, kota ini telah mengalami ledakan ekonomi dan budaya.

Ini adalah salah satu kota teknologi tinggi dengan pertumbuhan tercepat di Eropa, menurut Financial Times, CBRE, TechCrunch, dan lainnya. UiPath, sebuah startup global yang didirikan di Bucharest, telah mencapai penilaian lebih dari $35 miliar. Sejak 2019, Bucharest menjadi tuan rumah KTT teknologi tinggi terbesar di Eropa Tenggara (Romania Blockchain Summit).

Pada tahun 2016, pusat kota bersejarah itu terdaftar sebagai ‘terancam punah’ oleh World Monuments Watch.Pada tahun 2017, Bucharest adalah kota Eropa dengan pertumbuhan tertinggi wisatawan yang menginap, menurut Mastercard Global Index of Urban Destinations. Adapun selama dua tahun berturut-turut, 2018 dan 2019, Bucharest menduduki peringkat sebagai tujuan Eropa dengan potensi pengembangan tertinggi menurut studi yang sama.Studi lain memperkirakan Bucharest menjadi kota terkaya di Eropa pada tahun 2050.

See also  Roman Empire

Menurut sensus 2011, 1.883.425 penduduk tinggal di dalam batas kota, menurun dari sensus 2002.[2] Menambahkan kota-kota satelit di sekitar wilayah perkotaan, wilayah metropolitan Bucharest yang diusulkan akan memiliki populasi 2,27 juta orang. Selama pandemi COVID-19, pemerintah Rumania menggunakan 2,5 juta orang sebagai dasar pelaporan tingkat infeksi di kota tersebut. Bucharest adalah kota terbesar keempat di Uni Eropa berdasarkan populasi dalam batas kota, setelah Berlin, Madrid, dan Roma, tepat di depan Paris.

Secara ekonomi, Bukares adalah kota paling makmur di Rumania. Kota ini memiliki sejumlah fasilitas konvensi besar, lembaga pendidikan, tempat budaya, ‘pusat perbelanjaan’ tradisional, dan area rekreasi.

Kota ini secara administratif dikenal sebagai ‘Kotamadya Bukares’ (Municipiul București), dan memiliki tingkat administratif yang sama dengan kabupaten nasional, yang selanjutnya dibagi lagi menjadi enam sektor, masing-masing diperintah oleh walikota setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *