Hyperlink

 

Dalam komputasi,

hyperlink, atau sekadar tautan, adalah referensi ke data yang dapat diikuti pengguna dengan mengklik atau mengetuk.

Sebuah hyperlink menunjuk ke seluruh dokumen atau ke elemen tertentu dalam dokumen. Hypertext adalah teks dengan hyperlink. Teks yang ditautkan dari disebut anchor text.

Sistem perangkat lunak yang digunakan untuk melihat dan membuat hypertext adalah sistem hypertext, dan untuk membuat hyperlink adalah dengan hyperlink (atau hanya untuk menautkan). Seorang pengguna yang mengikuti hyperlink dikatakan menavigasi atau menelusuri hypertext.

Dokumen yang berisi hyperlink dikenal sebagai dokumen sumbernya. Misalnya, dalam karya referensi online seperti Wikipedia, atau Google, banyak kata dan istilah dalam teks yang di-hyperlink ke definisi istilah tersebut. Hyperlink sering digunakan untuk mengimplementasikan mekanisme referensi seperti daftar isi, catatan kaki, bibliografi, indeks, surat, dan glosarium.

Dalam beberapa hypertext, hyperlink bisa dua arah: mereka dapat diikuti dalam dua arah, sehingga kedua ujungnya bertindak sebagai jangkar dan sebagai target. Ada pengaturan yang lebih kompleks, seperti tautan banyak ke banyak.

Efek mengikuti hyperlink mungkin berbeda dengan sistem hypertext dan terkadang bergantung pada link itu sendiri; misalnya, di World Wide Web sebagian besar hyperlink menyebabkan dokumen target menggantikan dokumen yang ditampilkan, tetapi beberapa ditandai untuk menyebabkan dokumen target terbuka di jendela baru (atau, mungkin, di tab baru).

Kemungkinan lain adalah transklusi, di mana target tautan adalah fragmen dokumen yang menggantikan jangkar tautan di dalam dokumen sumber. Tidak hanya orang yang menelusuri dokumen yang mengikuti hyperlink. Hyperlink ini juga dapat diikuti secara otomatis oleh program. Sebuah program yang melintasi hypertext, mengikuti setiap hyperlink dan mengumpulkan semua dokumen yang diambil dikenal sebagai web spider atau crawler.

See also  Kambing

Tautan sebaris menampilkan konten jarak jauh tanpa perlu menyematkan konten. Konten jarak jauh dapat diakses dengan atau tanpa pengguna mengikuti tautan.

Tautan sebaris dapat menampilkan versi konten yang dimodifikasi; misalnya, sebagai ganti gambar, gambar mini, pratinjau resolusi rendah, bagian yang dipotong, atau bagian yang diperbesar dapat ditampilkan. Konten lengkap biasanya tersedia sesuai permintaan, seperti halnya perangkat lunak penerbitan cetak – misalnya, dengan tautan eksternal. Ini memungkinkan ukuran file yang lebih kecil dan respons yang lebih cepat terhadap perubahan saat konten tertaut lengkap tidak diperlukan, seperti halnya saat mengatur ulang tata letak halaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *