Kepulauan Maladewa atau Maldives

Maladewa

secara resmi Republik Maladewa, adalah sebuah negara kepulauan di anak benua India di Asia, yang terletak di Samudra Hindia. Itu terletak di barat daya Sri Lanka dan India, sekitar 750 kilometer (470 mil; 400 mil laut) dari daratan benua Asia.Terdiri dari wilayah yang membentang sekitar 90.000 kilometer persegi (35.000 sq mi) termasuk laut, luas daratan semua pulau terdiri dari 298 kilometer persegi (115 sq mi), Maladewa adalah salah satu negara berdaulat yang tersebar secara geografis di dunia serta Asia terkecil.

Negara berdasarkan luas daratan dan, dengan sekitar 557.751 penduduk, negara terpadat ke-2 di Asia. MalĂ© adalah ibu kota dan kota terpadat, yang secara tradisional disebut “Pulau Raja” tempat dinasti kerajaan kuno memerintah karena lokasinya yang sentral.

Kepulauan Maladewa terletak di Chagos-Laccadive Ridge, pegunungan bawah laut yang luas di Samudra Hindia; ini juga membentuk ekoregion terestrial, bersama dengan Kepulauan Chagos dan Lakshadweep. Dengan ketinggian permukaan tanah rata-rata 1,5 meter (4 kaki 11 inci) di atas permukaan laut, dan titik alami tertinggi hanya 5,1 meter (17 kaki), ini adalah negara dengan dataran terendah di dunia.

Pada abad ke-12 Islam mencapai Kepulauan Maladewa, yang dikonsolidasikan sebagai kesultanan, mengembangkan ikatan komersial dan budaya yang kuat dengan Asia dan Afrika. Sejak pertengahan abad ke-16, wilayah tersebut berada di bawah pengaruh kekuatan kolonial Eropa yang semakin meningkat, dengan Maladewa menjadi protektorat Inggris pada tahun 1887.

Kemerdekaan dari Inggris terjadi pada tahun 1965, dan sebuah republik presidensial didirikan pada tahun 1968 dengan pemilihan umum. Majelis Rakyat. Dekade berikutnya telah melihat ketidakstabilan politik, upaya reformasi demokrasi, dan tantangan lingkungan yang ditimbulkan oleh perubahan iklim.

See also  Roman Empire

Maladewa menjadi anggota pendiri South Asian Association for Regional Cooperation (SAARC). Ini juga merupakan anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, Persemakmuran Bangsa-Bangsa, Organisasi Kerjasama Islam, dan Gerakan Non-Blok. Bank Dunia mengklasifikasikan Maladewa sebagai negara berpenghasilan menengah ke atas.

Perikanan secara historis menjadi kegiatan ekonomi yang dominan, dan tetap menjadi sektor terbesar sejauh ini, diikuti oleh industri pariwisata yang berkembang pesat. Maladewa menilai “tinggi” pada Indeks Pembangunan Manusia, dengan pendapatan per kapita secara signifikan lebih tinggi daripada negara-negara SAARC lainnya.

Maladewa adalah anggota Persemakmuran dari Juli 1982 hingga menarik diri dari organisasi itu pada Oktober 2016 sebagai protes atas tuduhan negara lain atas pelanggaran hak asasi manusia dan kegagalan demokrasi. Maladewa bergabung kembali dengan Persemakmuran pada 1 Februari 2020 setelah menunjukkan bukti proses demokrasi yang berfungsi dan dukungan rakyat.

  • Mau tau lebih lanjut informasi yang lain ? . Silakan kunjungi sekilasinfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *