Dogecoin awalnya adalah untuk lelucon

Dogecoin

adalah mata uang kripto yang dibuat oleh insinyur perangkat lunak Billy Markus dan Jackson Palmer, yang memutuskan untuk membuat sistem pembayaran sebagai “lelucon”, mengolok-olok spekulasi liar dalam cryptocurrency pada saat itu.

Meskipun sifatnya satir, beberapa menganggapnya sebagai prospek investasi yang sah. Dogecoin menampilkan wajah anjing Shiba Inu dari meme “Doge” sebagai logo dan namanya. Itu diperkenalkan pada 6 Desember 2013, dan dengan cepat mengembangkan komunitas online-nya sendiri, mencapai kapitalisasi pasar lebih dari $85 miliar pada 5 Mei 2021.Ini adalah sponsor kemeja saat ini (hanya lengan) dari klub Liga Premier Watford.

Dogecoin.com mempromosikan mata uang tersebut sebagai “mata uang Internet yang menyenangkan dan ramah”, merujuk asal-usulnya sebagai “lelucon.”

Elon Musk sering menyebutkan atau berbicara tentang Dogecoin di akun Twitter-nya, meningkatkan popularitasnya secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Awalnya dibentuk sebagai “lelucon”,¬† Dogecoin diciptakan oleh insinyur perangkat lunak IBM Billy Markus dan insinyur perangkat lunak Adobe Jackson Palmer. Mereka ingin menciptakan mata uang digital peer-to-peer yang dapat menjangkau demografi yang lebih luas daripada Bitcoin. Selain itu, mereka ingin menjauhkannya dari sejarah kontroversial koin lainnya. Dogecoin secara resmi diluncurkan pada 6 Desember 2013, dan dalam 30 hari pertama, ada lebih dari satu juta pengunjung ke Dogecoin.com.

Palmer dikreditkan dengan membuat ide menjadi kenyataan. Pada saat itu, dia adalah anggota departemen pemasaran Adobe Systems di Sydney. Palmer telah membeli domain Dogecoin.com dan menambahkan layar splash, yang menampilkan logo koin dan teks Comic Sans yang tersebar. Markus menghubungi Palmer setelah melihat situs tersebut, dan memulai upaya untuk mengembangkan mata uang.

See also  History of Gambling

Markus telah merancang protokol Dogecoin berdasarkan cryptocurrency yang ada Luckycoin dan Litecoin, yang menggunakan teknologi scrypt dalam algoritma proof-of-work mereka. Penggunaan scrypt berarti bahwa penambang tidak dapat menggunakan peralatan penambangan bitcoin SHA-256, dan sebaliknya harus menggunakan perangkat FPGA dan ASIC khusus untuk penambangan yang diketahui lebih kompleks untuk diproduksi.

Pada 19 Desember 2013, Dogecoin melonjak hampir 300% nilainya dalam 72 jam, naik dari US$0,00026 menjadi $0,00095, dengan volume miliaran Dogecoin per hari. Pertumbuhan ini terjadi pada saat bitcoin dan banyak mata uang kripto lainnya terguncang akibat keputusan China untuk melarang bank-bank China berinvestasi ke dalam ekonomi bitcoin.

Tiga hari kemudian, Dogecoin mengalami crash besar pertamanya dengan turun sebesar 80% karena peristiwa ini dan kumpulan penambangan besar mengeksploitasi sejumlah kecil daya komputasi yang dibutuhkan pada saat menambang Dogecoin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *