Sudah pada belanja belum di Tokopedia ?

Tapi apakah tau sejarah tentang Tokopedia ?

Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia yang berspesialisasi dalam e-commerce. Didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison

Pada tahun 2019, menurut laporan iPrice Group, Tokopedia adalah situs e-commerce lokal yang paling banyak dikunjungi di desktop di Indonesia antara Juli dan September dengan total 65.953.400 kunjungan bulanan rata-rata, mengamankan 25% dari total pangsa pasar.

Pada 17 Mei 2021, T0kopedia dan Gojek mengumumkan selesainya merger mereka dan mendirikan perusahaan induk baru bernama GoTo.

Sejarah Tokopedia

PT Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Perusahaan ini mengelola Tokopedia,com, yang diluncurkan secara publik pada 17 Agustus. Para pendiri yang lahir dan besar di kota-kota kecil di Indonesia ini mencoba menyelesaikan persoalan ketimpangan di tanah air. Dengan demikian, misi perusahaan adalah mendemokratisasi perdagangan melalui teknologi.

Berawal dari bisnis marketplace, Tokopedia kini telah berkembang menjadi perusahaan teknologi dengan marketplace, fintech, pembayaran, logistik, dan bisnis ritel baru. Nama perusahaan ini berasal dari penggabungan toko, bahasa Indonesia untuk “toko”, dengan “ensiklopedia”.

Ini adalah unicorn Indonesia bersama dengan perusahaan Gojek, perusahaan layanan perjalanan Traveloka, perusahaan e-commerce Bukalapak dan perusahaan fintech OVO.

Pada 2009, PT Tokopedia mendapatkan pendanaan awal dari PT Indonusa Dwitama sebesar Rp 2,5 miliar. Di tahun-tahun berikutnya, T0kopedia menarik suntikan modal dari modal ventura global, termasuk East Ventures (2010), CyberAgent Ventures (2011), NetPrice (2012), dan SoftBank Ventures Korea (2013).

Pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil menorehkan sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi US$100 juta (sekitar Rp1,2 triliun) dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI). Pada April 2016, T0kopedia mengumpulkan $147 juta lagi.

See also  Gitar adalah

Pada 2017, T0kopedia menerima investasi $1,1 miliar dari raksasa e-commerce China Alibaba. Sekali lagi pada tahun 2018, perusahaan mendapatkan putaran pendanaan $1,1 miliar yang dipimpin oleh raksasa e-commerce China Alibaba Group Holding dan SoftBank Group Jepang menempatkan penilaiannya menjadi sekitar $7B.

Pada November 2020, T0kopedia telah menerima dana dari perusahaan internet yang berbasis di AS Google dan dana negara Singapura Temasek Holdings.

Menarik bukan perjalanan dari Tokopedia sampai sekarang ini, mari kita ciptakan mimpi kita dengan mengetahui lebih banyak informasi mengenai bisnis disini ebisnis

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *